Monday, June 15, 2020

Kenangan Bersama Sungai

Fresh Water #kadangkadangbercerita eps #10

Ini adalah spot-spot mandi paling menarik masa  kecil, sebelum water park dan wahana pemandian hadir di kota kami, kami parte bocah-bocah dengan sembunyi-sembunyi tanpa sepengetahuan orangtua mandi di sungai terdekat kampung. Di sinilah awal mula asal-usul cikal bakal asbabul wurud dan sejarah kenapa kami bisa berenang.


Walaupun sedang asik berenang nanti ibu akan datang dengan ranting pohon di tangannya dan mencambuk anaknya ketika ketahuan, itulah kenangan indah yang patut dikenang, pukulan sayang karena sudah berbohong dan ibunda tak tega anaknya mandi di air sungai yang disinyalir oleh ibu air yang kotor.  Kalau melihat pendidikan di negara maju, di usia sekolah inilah anak-anak diajarkan skill yang sunnah ini, tapi sekolah-kolah Aceh cuma beberapa saja yang ada guru olahgaranya mengajari berenang, hanya dengan mitos banyak makan ikan supaya bisa berenanglah kita hidup..eh?
Tersiar kabar setiap tahun laut menelan korban tenggelam, tak ada penjaga pantai apalagi penjaga sungai.. masyarakat mengkambinghitamkan penunggu sungai atau penunggu laut yang meminta mangsa.

Seandainya ada pendidikan wajib berenang dan peningkatan pengamanan, ada yang ahli resque ditempat-tempat mandi alami, akan banyak orang yang selamat ketika berwisata.


EmoticonEmoticon